Perlindungan Sosial adalah salah satu dari 4 (empat) macam kegiatan penyelenggaraan kesejahteraan sosial yang dicantumkan dalam UU Kesejahteraan Sosial.

Definisi perlindungan sosial adalah semua upaya yang diarahkan untuk mencegah dan menangani risiko dari guncangan dan kerentanan sosial.

Maksud perlindungan sosial adalah mencegah dan menangani risiko dari guncangan dan kerentanan sosial seseorang, keluarga, kelompok atau masyarakat agar kelangsungan hidupnya dapat dipenuhi sesuai dengan kebutuhan dasar minimal.

Cara pelaksanaan perlindungan sosial:
  1. Bantuan Sosial
  2. Advokasi Sosial
  3. Bantuan Hukum

Bantuan sosial adalah bantuan sementara atau berkelanjutan yang diberikan agar seseorang, keluarga,kelompok, masyarakat yang mengalami guncangan dan kerentanan sosial tetap dapat hidup wajar. Bentuk bantuan sosial :
  1. Bantuan langsung
  2. Penyediaan aksesabilitas
  3. Penguatan kelembagaan

Advokasi sosial adalah perlindungan sosial yang diberikan untuk melindungi/membela seseorang, keluarga,kelompok, masyarakat yang dilanggar haknya. Bentuk advokasi sosial berupa penyadaran hak dan kewajiban, pembelaan dan pemenuhan hak.

Bantuan hukum adalah perlindungan sosial yang diselenggarakan untuk mewakili kepentingan warga negara yang menghadapi masalah hukum dalam pembelaan atas hak, baik di dalam maupun di luar pengadilan. Bentuk bantuan hukum adala
 


Comments




Leave a Reply